Giat Posyandu Lansia Cendrawasih I GIB

 



Jum'at, 10 September 2021

Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.

Kegiatan posyandu Lansia, Posbindu, dan BKL(Bina Keluarga Lansia) di Posyandu Cendrawasih I Gib.

Wilayah sasaran RW 01 GIB (Gunung Ibul Barat). Jumlah Lansia yang hadir di posyandu sebanyak 41 orang Yang melakukan penimbangan Berat Badan dan cek tensi, serta melakukan cek kesehatan posbindu meliputi cek gula darah, asam urat dan kolestrol sebanyak 30 orang.

Tujuan pembentukan posyandu lansia secara garis besar antara lain :

  1. Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia.
  2. Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Dengan adanya Posyandu, kualitas hidup lansia di Kelurahan Gunung Ibul Barat tersebut diharapkan bisa meningkat dan risiko terjadinya keparahan penyakit akan berkurang. Lansia pun bisa hidup lebih tenang dan bahagia.

Posting Komentar

0 Komentar