Giat Kelas Ibu Hamil Posyandu Cendrawasih III / Teratai GIB

 

Peran posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan pasangan usia subur.

Pelayanan yang diberikan posyandu kepada ibu hamil mencakup pemeriksaan kehamilan dan pemantauan gizi. Tak hanya pemeriksaan, ibu hamil juga dapat melakukan konsultasi terkait persiapan persalinan dan pemberian ASI.


Agar kondisi kehamilan tetap terjaga, ibu hamil juga bisa mendapatkan vaksin TT untuk mencegah penyakit tetanus yang masih umum terjadi di negara berkembang, seperti Indonesia.


Selain itu, ibu hamil juga dapat mengikuti berbagai kelas yang mengajarkan penanganan pertama saat hendak melahirkan, dan seluk-beluk perawatan bayi baru lahir.


ibu hamil juga harus menjalani pola makan yang sehat. Konsumsilah makanan dengan gizi seimbang seperti aneka sayur dan buah, telur, ikan, dan variasi sumber protein lainnya, serta menjauhi makanan berlemak.

Ibu Hamil dapat mengikuti kelas senam hamil yang tak hanya membantu melancarkan proses persalinan, tapi juga mengatasi kondisi fisik dan mental pascapersalinan.


Kegiatan ini berlangsung di Posyandu cendrawasih lll / Teratai Komplek Yonzipur 2/SG yang dihadiri oleh ketua persit yonzipur 2 Erika Alfian R. Purnamasidi dan ketua TP PKK GIB Hana Monica.


Setelah melahirkan, ibu juga bisa mendapatkan suplemen vitamin A, vitamin B, dan zat besi yang baik dikonsumsi selama masa menyusui, serta pemasangan alat kontrasepsi (KB) di posyandu.

Posting Komentar

0 Komentar