Peresmian Kampung Pancasila Yonzipur 2/SG " Ini Kata Lurah GIB "


Kampung Pancasila adalah julukan untuk kelurahan yang dijadikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila. Sebutan Kampung Pancasila disematkan di Kelurahan Gunung Ibul Barat, Kecamatan Prabumulih Timur.


Dalam penyampaian pesan dan kesan Lurah GIB Joko Arif Trianto, A.Md menyambut baik dan apresiasi kepada Yon zipur atas giat tersebut, selain senergitas TNI dan masyarakat juga memupuk nilai pancasila dalam gotong royong sehingga meningkatkan kesadaran kepedulian terhadap wilayah masing masing dan upaya meningkatkan ekonomi masyarakat.

Adapun tujuan dibentuknya Kampung Pancasila adalah sebagai berikut:

  1. Untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas.

  2. Untuk semakin menumbuhkan kerukunan antar masyarakat di Pancasila, karena penduduknya beragam.

  3. Untuk menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika.

  4. Untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila.

  5. Untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.


Hasil yang diharapkan dari adanya program Kampung Pancasila adalah meningkatnya kecerdasan masyarakat. Proses interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila akan membentuk pribadi yang unggul.

Pengembangan budaya melalui Pancasila juga akan menghasilkan kecerdasan spiritual. Lalu, pengembangan sosial akan menghasilkan kecerdasan emosional, dan pengembangan ilmiah akan menghasilkan kecerdasan intelektual.


Posting Komentar

0 Komentar