Sosialisasi Aplikasi ELSIMIL Kepada Kader Pendamping Wilayah GIB


Prabumulih, Selasa 19 April 2022

Sosialisasi simulasi aplikasi ELSIMIL  terhadap kader pendamping keluarga yang akan di terapkan ke calon pengantin sebagai syarat pengurusan administrasi surat nikah. Dinas pelaksana DPPKBPPPA. Diadakan di kantor Kelurahan Gunung Ibul Barat.

Dalam mempersiapkan generasi emas Indonesia 2045, stunting jadi tantangan sekaligus permasalahan serius yang perlu ditangani dengan solusi tepat.

Untuk itu, berbagai kebijakan dan upaya pun terus ditempuh demi mempercepat penurunan angka stunting di Indonesia, seperti dengan dikembangkannya aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil) oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Melalui aplikasi Elsimil, calon pengantin bila sudah mendekati hari H untuk ijab kabul pernikahan, tiga bulan sebelumnya harus melakukan pemeriksaan kesehatan paling sedikit meliputi tinggi badan, berat badan, lingkar lengan atas dan anemi. Nantinya data tersebut dimasukkan dalam aplikasi itu.


Apabila seorang perempuan dinyatakan memiliki anemia dari hasil pendataan tersebut, nantinya ia akan dikirimkan modul pemberitahuan untuk kembali ke fasilitas kesehatan untuk diberikan tablet darah yang dapat dikonsumsi calon ibu selama 90 hari, kemudian melakukan pemeriksaan kembali.

Sementara itu, bagi perempuan yang terdeteksi mengalami kurang gizi, nantinya akan diberikan edukasi mengenai cara untuk meningkatkan indeks massa tubuh, sehingga calon ibu dapat memenuhi syarat untuk hamil dan tidak melahirkan bayi dalam kondisi kekerdilan.

Posting Komentar

0 Komentar