Giat Posyandu Lansia Cendrawasih 1 GIB

Pelayanan yang diberikan oleh Posyandu lansia melalui program dan kadernya pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para orang tua yang lebih rentan terhadap penyakit.

Pelayanan kesehatan yang diberikan tidak hanya mencakup sesuatu yang berhubungan dengan penyakit. Pada Posyandu lansia, kader juga akan melakukan pemeriksaan aktivitas sehari-hari seperti : Mencatat pola makan Cara mandi Rutinitas buang air Kemampuan untuk berjalan dan berpakaian Kemampuan untuk turun atau naik tempat tidur Kemandirian lansia tersebut Selain itu, lansia juga akan menerima pemeriksaan berupa : Pemeriksaan kondisi mental Pemeriksaan status gizi Pengukuran tekanan darah Pemeriksaan laboratorium sederhana, seperti pemeriksaan asam urat, kolesterol dan gula darah.


Posyandu lansia yang ada di Kelurahan Gunung Ibul Barat, kadernya akan memantau kesehatan lansia secara individual dan detail. Umumnya, akan ada kartu atau buku yang digunakan untuk mencatat status kesehatan dan pola hidup lansia.

Kader Posyandu lansia akan memberikan penyuluhan kepada lansia tentang makanan yang sehat dan bergizi yang perlu mereka konsumsi. Untuk memudahkan, para lansia akan mendapatkan contoh menu makanan dengan memperhatikan aspek kesehatan dan gizi yang dibutuhkan, dengan menggunakan bahan makanan yang sehat dan bergizi.

Olahraga juga penting dilakukan para lansia untuk menjaga kebugaran tubuh. Para kader akan menuntun kakek dan nenek untuk mengikuti gerakan senam lansia, gerak jalan santai, maupun aktivitas lain yang aman untuk usia lanjut.
 

Posting Komentar

0 Komentar