Giat Kelas Ibu Hamil Di Kelurahan GIB


Proses kehamilan bisa jadi momen yang membingungkan bagi sebagian perempuan, apalagi bagi yang baru pertama kali hamil. Untuk itu, Anda dapat mengikuti kelas ibu hamil sejak kandungan Anda berusia 4 minggu hingga 36 minggu (jelang persalinan).

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar bagi para calon ibu tentang kesehatan bagi ibu hamil secara keseluruhan. Tujuan kelas ibu hamil adalah mengedukasi ibu hamil agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan lancar, serta melalui fase awal kehidupan bayi dengan bekal pengetahuan dasar.


Materi pada kelas ibu untuk hamil akan disampaikan oleh bidan atau tenaga kesehatan. Namun, Anda juga bisa bertukar ilmu atau sharing dengan ibu hamil lain yang menjadi peserta kelas tersebut sehingga kegiatan ini sekaligus dapat dijadikan sebagai ajang sosialisasi bagi ibu hamil.

Kegiatan dalam kelas untuk ibu hamil (prenatal class)

Kelas prenatal biasanya dilakukan dalam 3 kali pertemuan selama hamil atau sesuai dengan kesepakatan antar peserta kelas ibu hamil.pada setiap pertemuan, ibu hamil akan mendapatkan materi seputar kehamilan yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ibu hamil.Kemudian, di akhir pertemuan akan dilakukan senam hamil. Senam ibu hamil merupakan kegiatan ekstra yang dilakukan fasilitator untuk mengajari para ibu agar dapat mempraktikkannya secara mandiri di rumah.Dalam kelas prenatal, akan mendapat pengetahuan seputar hal-hal yang berhubungan dengan kehamilan, Persiapkan kelahiran dan perawatan bayi. 


Manfaat kelas untuk ibu hamil

Berikut sejumlah manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil jika mengikuti kelas prenatal:

  • Mendapatkan konsultasi lebih awal dan langsung dari ahlinya
  • Dapat mempelajari kehamilan lebih dini
  • Mendapatkan informasi lengkap seputar kehamilan, keamanan saat hamil, hingga proses menuju persalinan
  • Ruang untuk bersosialisasi dan berbagai pengalaman dengan sesama ibu hamil
  • Mendapatkan standar nutrisi kehamilan 
  • Tempat belajar senam hamil 

Selain itu, kelas prenatal pada dasarnya dilakukan untuk memberi skill dasar pada calon orangtua mengenai kehamilan yang sehat dan cara merawat bayi newborn yang benar. Oleh karena itu, ada juga prenatal class yang bisa dihadiri oleh calon ayah.

Posting Komentar

0 Komentar