Giat Posyandu Balita Cendrawasih 2 GIB Bulan Oktober


Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan salah satu bentuk program pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita, dengan memberdayakan dan dilaksanakan oleh , dari, untuk dan bersama masyarakat. 




Kesehatan ibu dan anak merupakan masalah kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia. Posyandu dengan berbagai programnya, mempunyai peranan dalam mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi.



Giat Posyandu Balita Cendrawasih 2 GIB :

  • Penimbangan Balita
  • Imunisasi Balita
  • Pemeriksaan Bumil
Vaksin tetanus toxoid (TT) untuk mencegah penyakit tetanus yang masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia, juga dapat diperoleh ibu hamil di posyandu. Aktivitas posyandu lainnya untuk melayani ibu pada fase pasca persalinan antara lain pemberian vitamin A, vitamin B dan zat besi yang baik dikonsumsi selama menyusui serta pemasangan alat kontrasepsi keluarga berencana.


Manfaat yang diperoleh dengan mengikuti kegiatan posyandu yaitu:

  1. Pengetahuan mengenai pencegahan penyakit, kesehatan ibu dan anak, pemberian ASI dan MPASI.
  2. Pemantauan tumbuh kembang anak untuk mencegah risiko kekurangan gizi atau gizi buruk pada anak.
  3. Pemantauan kelainan pada anak, ibu hamil.
  4. dan ibu menyusui dari sejak awal, sehingga penanganan dapat segera dilakukan Imunisasi lengkap.

Posyandu dapat menjadi tempat bagi para ibu untuk bertukar pengalaman dan pengetahuan dengan peserta posyandu lainnya dan petugas kesehatan. Kualitas kesehatan ibu dan anak diharapkan dapat meningkat seiring dengan pengetahuan yang baik dan benar.

Posting Komentar

0 Komentar