Bersama Anggota Bhabinkamtibmas, Satuan Linmas Turut Berperan Aktif Amankan Nataru

 

Plt Lurah Gunung Ibul Barat, Rika Damayanti, AMG melalui Kasi Pemerintahan, Reno Yopiansyah mengatakan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) turut aktif membantu meningkatkan keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat serta penanggulangan kriminalitas saat pelaksanaan Hari Raya Natal 2022 dan menjelang Tahun Baru 2023 (Nataru).

“Satuan Linmas merupakan salah satu penguat kapasitas dan koordinasi antara lembaga pertahanan dan keamanan,” kata Reno kepada awak media ini usai memberikan arahan kepada personil Linmas yang dihadiri anggota Bhabinkamtibmas di depan Kantor Kelurahan Gunung Ibul Barat, Senin (26/12/2022).


Menurutnya, Linmas yang memegang peran penting dan lingkup terdekat dengan masyarakat perlu berkoordinasi dengan unsur keamanan lainnya seperti Badan Intelijen Negara, TNI, Polri, dan Satpol PP dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban.

“Linmas merupakan unsur masyarakat dalam menegakkan hukum,” ujarnya.

Dia menyarankan perlu ditingkatkannya kemampuan anggota Linmas, berkomunikasi dan koordinasi dengan instansi terkait terutama kepada anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Gunung Ibul Barat dalam melaksanakan tugas pokok yang semakin hari tantangannya semakin kompleks dan multidimensi.

“Jaga citra baik Satuan Linmas di masyarakat sehingga memudahkan tugas menjaga ketentraman dan ketertiban umum,” katanya.


Diingatkannya bahwa Linmas merupakan personel yang tidak mempunyai kewenangan melakukan tindakan. “Segera laporkan ke Bhabinkamtibmas jika mengetahui adanya ancaman keamanan dan ketertiban di masyarakat,” imbuh dia.

Sementara, anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Gunung Ibul Barat, Aipda Aka Sumpena juga menuturkan, jika satuan linmas merupakan warga masyarakat
yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan
kegiatan penanganan bencana serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan
ketertiban masyarakat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Seperti halnya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pada anggota Linmas agar lebih siap dan punya wawasan dalam melaksanakan tugas, karena Linmas adalah mitra Kepolisian yang ikut membantu menjaga keamanan di lingkungan desa,” tambah Aipda Aka.

Dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di
kelurahan, Bhabinkamtibmas mengcover satu kelurahan. Tentunya, lanjut dia, Bhabinkamtibmas membutuhkan mitra kerja dalam pelaksanaan tugas.

“Disinilah peran Linmas sebagai mitra Bhabinkamtibmas yang ikut berperan aktif
memberikan informasi dalam menjaga keamanan wilayah kelurahan dan desa,” tandasnya. (dn) Kompassriwijaya.com

Posting Komentar

0 Komentar