Giat Posyandu Lansia Cendrawasih 1 Serta Home Visit PJ Lansia Dan Bidan Kelurahan GIB

 Posyandu lansia memiliki peran penting untuk menjaga kualitas hidup Lansia di masyarakat, karena posyandu lansia merupakan unit pelayanan kesehatan terkecil yang paling dekat keseharian warga dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para orang tua yang lebih rentan terhadap penyakit.


Secara umum ada empat jenis pelayanan yang diberikan pada kegiatan posyandu lansia :

  1. Pelayanan kesehatan, seperti Pemeriksaan fisik (BB,TB,Tekanan darah,,lingkar perut,dll), Pemeriksaan laboratorium sederhana seperti pemeriksaan kadar asam urat,gula darah dan kolesterol, pemeriksaan status gizi,dll
  2. Penyuluhan kesehatan, seperti penyuluhan gizi, penyakit dan lainnya terkait dengan kesehatan dan yang dibutuhkan oleh lansia.
  3. Kegiatan Olah Raga ini penting dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh para lansia. Kegiatan ini bisa perupa jalan santai, senam dan lainnya.
  4. Kegiatan Non Kesehatan, yang bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial dan menjadikan posyandu lansia sebagai wadah lansia untuk berkegiatan.
Posyandu lansia bisa menyediakan layanan kesehatan dasar, terutama yang bersifat preventif dan promotif untuk warga berusia lanjut. Dengan adanya Posyandu, kualitas hidup lansia di daerah tersebut diharapkan bisa meningkat dan risiko terjadinya keparahan penyakit akan berkurang. Lansia pun bisa hidup lebih tenang dan bahagia.

Posting Komentar

0 Komentar