Pendistribusian Beras Bulog Kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Di Kelurahan GIB

 

Lurah GIB Rika Damayanti, AMG beserta Kasi Kesos, dan Staf, menyalurkan Bantuan Pangan CBP Beras Bulog 10kg Tahap 3 sebanyak 243 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) Di wilayah Kelurahan GIB Kota Prabumulih, bertempat di Aula Kantor Kelurahan Gunung Ibul Barat.

Cadangan pangan merupakan hal yang sangat penting bagi ketahanan pangan suatu negara, termasuk negara Indoensia yang bersifat agraris. Sejak tahun 2005, Pemerintah telah memiliki Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola oleh BULOG, menyatu dengan stok BULOG dan dapat diakses di setiap gudang BULOG di seluruh Indonesia oleh Pemerintah.

CBP merupakan sejumlah beras tertentu milik Pemerintah yang sumber dananya berasal dari APBN dan dikelola oleh BULOG yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan beras dan dalam rangka mengantisipasi masalah kekurangan pangan, gejolak harga, keadaan darurat akibat bencana dan kerawanan pangan serta memenuhi kesepakatan Cadangan Beras Darurat ASEAN (ASEAN Emergency Rice Reserve, AERR).


Manfaat adanya CBP ini telah teruji dalam penanganan berbagai bencana alam di tanah air. Beras yang telah tersedia di gudang-gudang BULOG yang tersebar merata di seluruh tanah air dapat segera dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan pangan. Dengan demikian ketahanan pangan bagi rumah tangga tetap dapat dijaga. Pangan tersedia, dapat dijangkau dan stabilitas pasokannya dapat terjamin.

Posting Komentar

0 Komentar