Kunjungan Staf KLHK Direktorat MPI KLHK Dalam Rangka Validasi Data Mitigasi Perubahan Iklim Wilayah RW 03 GIB

 

Mitigasi perubahan iklim merupakan suatu usaha untuk mengurangi resiko terhadap peningkatan Emisi gas rumah kacaMitigasi tersebut telah dicoba baik dari pemerintahan dan kelompok pecinta lingkungan.

Giat kunjungan ini dari Staf kementrian lingkungan hidup dan kehutanan Direktorat MPI KLHK dalam Rangka validasi data mitigasi perubahan iklim di dampingi kadin DLH Kota Prabumulih, Bapak Lurah GIB Joko Arif Trianto, A.Md, Ibu Ketua PKK GIB Hana Monica, dan Bapak PPL Roben Ferius, SP serta ketua ketua KWT GIB diwilayah kampung Proklim RW 03 GIB.

Salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk mitigasi perubahan iklim di Indonesia dengan mengeluarkan program kampung iklim (Proklim) yang dicanangkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sistematika pelaksanaannya dengan melakukan sosialisasi dan memberikan penghargaan kepada masyarakat lokal yang turut serta dalam membantu mitigasi perubahan iklim. Pelaksanaan Program Kampung Iklim merujuk pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016. Implementasi yang diharapkan dari kampung iklim yaitu:

  1. Pengelolaan sampah limbah padat dan cair.
  2. Penggunaan energi baru terbarukan dan konservasi energi.
  3. Budidaya pertanian rendah emisi gas rumah kaca.
  4. Peningkatan tutupan vegetasi.
  5. Pencegahan dan penanggulangan Kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu strategi yang dilakukan oleh pemerintah untuk mitigasi perubahan iklim di antaranya:

  1. Memperkuat kapasistas pemerintah daerah dalam mendukung upaya daerah dalam mendukung upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.
  2. Menjalin kemitraan dengan kementrian/lembaga terkait pemerintah daerah, dunia usaha dan lembaga non-pemerintah.
  3. Mendorong komitmen pengambil kebijakan di tingkat nasional dan daerah untuk mendukung pelaksanaan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta kegiatan ekonomi masyarakat.
  4. Meningkatkan pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna yang mendukung upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di tingkat lokal serta kegiatan ekonomi masyarakat.

Posting Komentar

0 Komentar