Giat Posyandu Lansia Cendrawasih 1 GIB Serta Pemeriksaan Posbindu,BKL, dan Pemeriksaan TBC

 

Prabumulih, Selasa 12 juli 2022

Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah di sepakati, yang di Gerakan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan Kesehatan.

Selain itu, ada juga pemeriksaan posbindu lansia di Posyandu Lansia Cendrawasih 1 GIB.

Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu. Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik.

Jumlah lansia dan pralansia yang hadir di posyandu lansia cendrawasih 1 GIB ada 60 orang.

Jumlah lansia yang melakukan cek kesehatan asam urat, kolestrol, dan gula darah ada 40 orang.


Faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar.

Serta pemeriksaan TBC di Posyandu Lansia Cendrawasih 1 GIB.

Penyakit TBC ini dapat diperiksa menggunakan pemeriksaan tuberkulosis laboratorium untuk penyakit TBC pada orang dewasa hingga anak-anak. Pemeriksaan TBC yang biasa dilakukan adalah pemeriksaan BTA, pemeriksaan darah lengkap, dan pemeriksaan BACTEC.

Dalam pemeriksaan tuberkulosis, berfungsi untuk menegakkan diagnosis, menilai keberhasilan pengobatan dan menentukan potensi penularan. Pemeriksaan dahak untuk penegakan diagnosis dilakukan dengan mengumpulkan 3 spesimen dahak yang dikumpulkan dalam dua hari kunjungan yang berurutan sewaktu-pagi-sewaktu (SPS).


Posting Komentar

0 Komentar