Giat Posyandu Cedrawasih 2 GIB Bulan Desember 2022

 

Setelah menginjak usia satu tahun, tidak sedikit ibu yang tak lagi rutin membawa Si Kecil ke Posyandu. Terlebih jika sang buah hati sudah mendapatkan vaksin lengkap. Padahal, Posyandu sebenarnya tidak melulu tentang pemberian vaksinasi pada anak. 

Kegiatan ini juga termasuk mengukur berat badan, lingkar kepala, dan tinggi badan. Tujuannya untuk membantu mendeteksi lebih dini apabila Si Kecil menunjukkan gejala masalah kesehatan tertentu, misalnya kurang gizi. Artinya, sampai usia anak lima tahun, kunjungan ke Posyandu masih harus rutin dilakukan. 

Tak hanya untuk anak, Posyandu juga membawa manfaat untuk ibu hamil dan menyusui. Ibu hamil dapat memeriksakan kondisi kehamilan, tekanan darah, hingga berat badan di Posyandu. Selain itu, ibu hamil juga bisa bertanya pada petugas tentang persiapan persalinan dan pemberian ASI pertama. 

Sementara bagi ibu menyusui, keberadaan Posyandu juga tak kalah pentingnya. Ibu bisa bertanya seputar menyusui pada konselor laktasi, cara menyusui yang tepat untuk mencegah puting terluka, mendapatkan suplemen zat besi, vitamin A, dan kalsium yang memang penting selama masa menyusui. 



Posting Komentar

0 Komentar