Giat Posyandu Balita Teratai GIB dan Posbindu PTM Di Asrama Yonzipur 2/SG Kelurahan GIB

Kegiatan posyandu balita adalah pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan.

Kader-kader Posyandu balita Teratai GIB melakukan kegiatan rutin bulanan bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas Prabumulih Timur. Adapun yang dilakukan pada kegiatan posyandu balita ini yaitu Penimbangan balita dan anak. Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. 


Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik, maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula. Selain itu juga untuk mencegah bayi yang mengalami stunting yang merupakan salah satu program Pemerintah Kota Prabumulih.


Selain posyandu Balita, di wilayah RW 02 Komplek Asrama Yonzipur 2/SG melakukan Posbindu untuk para anggotanya.

Posbindu PTM adalah Pos Pembinaan Terpadu Penyakit tidak menular. Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyakit tidak menular dan bukan disebabkan oleh penularan vektor, virus maupun vakteri akan tetapi lebih banyak disebabkan oleh perilaku dan gaya hidup yang tidak sehat.


Kegiatan Posbindu ini dimulai dari meja Pendaftaran, Antropometri, Cek Tekanan Darah, Pemeriksaan Laboratorium dan Konsultasi Kesehatan oleh tenaga medis.

Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM.

Posting Komentar

0 Komentar